Makalah media cetak

MEDIA CETAK







Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah Komuunikasi Antarmanusia(massa)  pada program study Komunikasi Penyiaran Islam (KPI 3) Fakultas Dakwah Komunikasi dan Ushuludin
O
L
E
H
Kelompok V :
SELFIANA
NIM:03182065
MUHAMMAD YUSUF
NIM:03182083
ANDI ASRIANDI
NIM:03182076
IRFAN JAYA
NIM:03182082



INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BONE
TAHUN AKADEMIK 2019/2020

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Segala puji bagi Allah SWT yang telah menganugrahkan nikmat kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan Tugas Matakuliah “Komunikasi Antarmanusia” dengan judul “Media Cetak”.
Terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelesaian tugas makalah ini, semoga makalah ini dapat diterima dengan baik dan dipergunakan sebagaimana mestinya. Kami menyadari dalam penuliusan maupun penyajian makalah ini masih banyak kekurangan, untuk itu kami mohon kritik dan saran yang bersifat membangun demi  perbaikan makalah-makalah selanjutnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb



Watampone, 19 Juni 2019


             Penulis

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang
Rumusan Masalah
Tujuan Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
Pengertian Media Cetak
 Jenis-jenis Media Cetak
Peranan-peranan Media Cetak
Fungsi, Kelemahan, dan Kekuatan Media Cetak
BAB II PENUTUP
Kesimpulan
Saran
DAFTAR PUSTAKA








BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Media cetak berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang  secara harfiah berati perantara atau pengantar. Media adalah segalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerma sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, dan minat serta perhatian. Media cetak meruakan suatu media yang bersifat statis dan megutamakan pesan-pesan visual.
Secara umum, jenis media cetak yang ada di Indonesia diklasifikasi menjadi delapan bagian. Pengklasifikasian tersebut, didasarkan pada waktu terbit media tersebut. Hal ini sesuai dengan apa yang dikeluarkan oleh Dirjen Pembinaan Pers dan Grafika, tentang pembagian media cetak dan pengklarifikasiannya. Kedelapan jenis media cetak tesebut diantaranya adalah sebagai berikut: Surat kabar harian, Surat kabar mingguan, Surat kabar mingguan, majalah mingguan, majalah tengah bulanan, majalah bulanan, majalah dwibulanan, majalah tribulanan, dan bulletin.
Media cetak di negara ini memang mempunyai peranan yang penting dalam memastikan negara terus mempu bersaing dalam era yang penuh persaingan ini. Ruang untuk media cetak berkembang turut wujud karena media cetak dianggap lebih murah berbanding jenis media yang lain. Cuma ada sedikit kebimbangan dengan kewujudan bahan media cetan yang lebih mengutamakan isu-isu gossip atau sensasi daripada berita-berita yang benar-benar berlaku di negara ini. Fungsi, kelemahan dn kekurangan media cetak.
B. Rumusan Masalah
Menjelaskan Pengertian Media Cetak?
Menjelaskan Jenis-jenis Media Cetak?
Menjelaskan Peranan-peranan Media Cetak?
Apa Fungsi, Kelemahan, dan Kekuatan Media Cetak?
C. Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui Pengertian Media Cetak
Untuk mengetahui Jenis-jenis Media Cetak
Untuk mengetahui Peranan-peranan Media Cetak
Untuk mengetahui Fungsi, Kelemahan, dan Kekuatan Media Cetak


BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengartian  Media Cetak
Media cetak berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang  secara harfiah berati perantara atau pengantar. Media adalah segalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerma sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, dan minat serta perhatian. Media cetak meruakan suatu media yang bersifat statis dan megutamakan pesan-pesan visual.
Pengertian media cetak bagi masyarakat masih dipahami secara sempit. Banyak orang beranggapan bahwa media cetak sama dengan pengertian surat kabar atau majalah. Padaha jika diuraikan secara mendalam, media cetak tidak terbatas pada dua jenis media itu saja.
Secarah harfia pengertian media cetak bias diartikan sebagai sebuah media penyampaian informasi yang memiliki manfaat dan terkait dengan kepentinga rakyat yang disampaikan secara tetulis. Dari engertian ini, kita bias melihat bahwa media cetak adalah sebuah media yang didalamnya  berisi  informasi yang didalamnya terkait dengan kepentingan masyarakat umum dan bukan terbatas pada kelompok tertentu saja. Media cetakni merupakan saluran informasi bagi masyarakat, di samping media elektronik dan medi digital.
B. Jenis-jenis Media Massa
Secara umum, jenis media cetak yang ada di Indonesia diklasifikasi menjadi delapan bagian. Pengklasifikasian tersebut, didasarkan pada waktu terbit media tersebut. Hal ini sesuai dengan apa yang dikeluarkan oleh Dirjen Pembinaan Pers dan Grafika, tentang pembagian media cetak dan pengklarifikasiannya. Kedelapan jenis media cetak tesebut diantaranya adalah sebagai berikut:
Surat kabar harian
Ini adalah jenis media cetak yang yang terbit setiap hari, kecuali pada hari-hari tertentu, seperti pada hari libur nasional. Jenis media cetak ini masih dibagi menjadi Surat Kabar Harian Nasional, Surat Kabar Harian Daerah, dan Surat Kabar Harian Lokal. Berita yang disampaikan adalah jenis berita news atau informasi terkini dan disampaikan dengan system straight news atau apa adanya.
Surat kabar mingguan
Jenis media cetak ini lebih banyak dikenal dengan sebutan tabloid. Biasanya berita yang diangkat adalah berita hiburan atau duga in depth news atau liputan mendalam. Tulisan dalam media ini lebih banyak bergaya feature atau deskriptif.
Majalah minggu
Jenis majalah ini terbit setiap hari minggu sekali. Berita ini diangkat adalah berita  in depth  news dengan jenis berita news tentang peristiwa.
Majalah tengah bulanan
Majalah ini terbit sebulan dua kali. Berita yang ditampilkan lebih bersifat informatif dan biasanya memuat tentang berita life style atau gaya hidup
Majalah bulanan
Majalah ini terbit sekali dalam sebulan. Jenis pemberitaan yang disampaikan biasanya termasuk investigatif atau berita yang didapat dari hasil penelitian.
Majalah dwibulanan
Majalah ini terbit sekali dalam dua bulan. Biasanya Informasi yang disampaikan dalam majalah ini biasanya terkait dengan laporan dari hasil aktivitas sesuatu. Misalnya, laporan neraca perusahaan atau juga majalah yang berisi laporan pendapatan sebuah lembaga zakat.
Majalah tribulanan
Majalah ini berkonsep hamper mirip dengan majalah dwibulanan. Yang membedakan hanya masalah waktu terbit yang dilakukan tiga bulan sekali.
Bulletin
Mdia cetak ini biasanya dibuat oleh kalangan tertentu atau intern saja. Media ini biasanya terdiri dari beberapa halaman, serta dibuat dengan konsep sederhana. Bulletin juga dibuat untuk kepentingan komersial.
C. Peranan-Peranan Media Cetak
Media cetak sering dikaitkan dengan akhbar, majalah dan jurnal di Negara ini, Negara kita  pula  memang boleh dianggap mempunyai penerbitan media cetak yang semakin meningkat saban tahun walaupun jumlah itu boleh ditingkatkan dengan lebih drastis dalam  tempoh mendatang ini karena sikap masyarakat yang suka membawa dan mencari informasi sudah mula kelihatan. Jadi, media cetak di Negara ini memiliki peranan-peranan besar yang mampu membentuk satu masyarakat.
Sumbangan utama media cetak di negara ini ialah media cetak menjadi sumber maklumat kepada masyarakat kita. Saban hari media cetak menyiarkan berbagai perkara yang berlaku di negara  ini dan semua berita atau maklumat ini menjadikan masyarakat kita mengetahui semua perkara yang berlaku, sedang, dan bakal terjadi di negara ini. Sikap berlumba-lumba media cetak untuk mendapatkan maklumat terkini turut menyebabkan masyarakat sering mendapat maklumat lebih awal mengenai sesuatu perkara.
Selain itu, kelebihan media cetak ialah  mempu menghasilkan analisis berita yang lebih kritis berbanding media yang lain dan mampu menghasilkan satu penulisan kritis yang menyebabkan pembaca mampu melihat sesuatu peristiwa yang berlaku itu dengan lebih mendalam. Media cetak menghapus semua isu yang berlaku daripada berbagai sudut sehingga menyebabkan fenomena yang berlaku itu difahami oleh masyarakat. Jelaslah, media cetak mampu menghasilkan satu generasi masyarakat yang mampu berfikir kritis apabila membicarakan sesuatu topik.
Malahan, media cetak turut menyiarkan berita-berita yang mampu dijadikan pengajaran. Berita isu keluarga, projek pembangunan, kejayaan individu  tentu sudah menjadi tatapan masyarakat kita. Pembacaan mereka terhadap berit-berita jenis ini member satu pengajaran secara tersiran kepada pembaca untuk mengubah perilakunya. Secara tuntasnya, media cetak di negara ini memang mempunyai peranan yang penting dalam memastikan negara terus mempu bersaing dalam era yang penuh persaingan ini. Ruang untuk media cetak berkembang turut wujud karena media cetak dianggap lebih murah berbanding jenis media yang lain. Cuma ada sedikit kebimbangan dengan kewujudan bahan media cetan yang lebih mengutamakan isu-isu gossip atau sensasi daripada berita-berita yang benar-benar berlaku di negara ini.

D. Fungsi, Kelemahan dan Kekuatan Media Cetak Secara Umum
1. Fungsi media cetak
Sebagai media informasi yang mencerahkan,
Sebagai media informasi pendidikan yang mencerdaskan,
Meningkatkan intelektual kehidupan masyarakat, dan
Membantu memperkuat kesatuan nasional.
2. Kelemahan
Kesalipun jangkauannya bersifat missal, surat kabar dibaca orang dalam tempo yang sangat singkat, umumnya tidak lebih dari lima belas menit, dan mereka hanya membaca saja. Surat kabat hanya berusia 24 jam sehingga cepat basi. Sekalipun surat kabar memiliki sirkulasi  yang luas, beberapa kelompokpasar tidak dapat terlayani.


3. Kekuatan
Dapat menjangkau  daerah-daerah perkotaan sesuai dengan cakupan pasarnya. Kebiasaan konsumen membawa surat kabar sebagai referensi untuk memilih barang sewaktiu berbelanja surat kabar memuat hal-hal aktual yang erlu segera diketahui oleh pembacanya pengiklan dapat bebas memiliki pasar mana yang akan diprioritaskan. Dengan demikian dia dapat memilih media yang cocok dengan target audiens-nya.




























BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
berdasarkan pembahasan diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa media adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat pembaca. Media cetak merupakan suatu media yang bersifat statis dan mengutamakan pesan-pesan visual. Jenis-jenis media cetak yaitu surat kabar harian, majalah mingguan, majalah tengah bulanan, majalah bulanan, majalah dwibulanan, majalah tribulanan, dan bulletin. Fungsi,kelemahan, dan kekuatan media cetak.
B. Saran
Kami menyadari bahwa makalah diatas banyak sekali kesalahan dan jauh dari kesempurnaan. . Maka dari itu kami akan memperbaiki makalah tersebut dengan berpedoman pada banyak sumber yang dapat dipertanggungjawaabkan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran mengenai pembahasan makalah yang di atas.













DAFTAR PUSTAKA
http://92freedomekspresi.bogspot.com/2015/04/makalah-media-cetak.html?=1
http://niluhdiantarisunshine.blogspot.com/2013/12/media-cetak.html?m=1


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faktor yang mempengaruhi komunikasi antar budaya

Teori Komunikasi Antarmassa